Posted by : Unknown December 22, 2016


Beberapa hari yang lalu, kartu ATM ane tertelan. Maka dari itu demi membantu sesama yang mengalami musibah yang sama, ane menulis artikel "Bagaimana Jika Kartu ATM Tertelan" ini padahal biar nggak lupa kalo kejadian lagi.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah alat elektronik yang diperijinkan oleh bank terhadap pemilik rekening yang bisa digunakan dalam bertransaksi secara elektronik pada mesin ATM sebagai penganti seorang teller. Hanya bank yang memiliki mesin ATM saja yang memberikan kartu ATM, bagi bank yang tidak mempunyainya, tidaklah mungkin memberikan kartu ATM. Kartu YU-Gi-OH yang ada.

Jumat lalu, ane tengah terburu-buru mengambil uang di mesin ATM terdekat, karena uang tersebut mau dipergunakan untuk membeli formulir pendaftaran ujian masuk PTS. 

Setelah uang 300 ribu itu keluar, ane segera ambil uang beserta resi tanda penarikan, namun sayangnya, kartu ATM ane abaikan, "biar aja, ntar belakangan." Namun sesaat sebelum jari tangan kanan ane menyentuh katu ATM warna biru tersebut, kartu itu malah kembali masuk ke dalam mesin ATM. Dan munculan tulisan, "Karena kartu ATM anda tidak segera diambil, maka kartu ATM anda terpaksa kami telan. Segera hubungi 14000." Dan mesin pun tidak mengeluarkan kartu ane lagi.

Dan muka ane langsung begini
scane anime DKNN

Setelah itu, ane coba utak-atik sedikit itu ATM jangan di contoh, bisa kena pidana. Dan kalian pasti tau hasilnya. ATM-nya TETEP KETELEN!!

BALIKIN ATM GUE KAMPRET!!!
Setelah berfikir sejenak satu setengah jam akhirnya ane putuskan untuk pergi ke bank-nya aja. Untuk segera mengurus masalah kartu ATM yang tertelan itu. Sebelum ane berangkat, ane iseng browsing dulu, gimana sih cara ngatasin ATM yang tertelan? Dan di sana ane banyak mendapatkan jawaban.

Caranya :
  1. Ingat pukul berapa dan berapa jumlah tarikan uang yang anda ambil.
  2. Hubungi costemer servie bank anda.
  3. Lapor kepada satpam jika ada satpam di sana.
  4. Ingat nomor rekening anda atau membawa buku tabungan anda.
  5. Jangan menganggap itu hal sepele dan malah makan nasi padang.
  6. Jika lokasi bank dekat, datangi saja, namun lebih baik menghubungi CS terlebih dahulu, karena ini darurat!
  7. Bawalah beberapa uang, untuk kepengurusan ATM tersebut dan untuk parkir atau pengganjal perut.
  8. Bersabarlah.

Setelah ane sampai di bank, di sana prosesnya lumayan cepat, wajah teller pun nampak tidak tegang, padahal ane udah cemas karena takut telat jumatan. Di sana mbak-mbak teller bakalan nanya;
  • Kapan dan di mana kejadiannya?
  • Ceritakan detail kejadiannya beserta berapa uang yang ditarik?
  • Berapa nomor rekening anda?

Setelah itu pun ia bertanya lagi guna pencocokan data seperti;
  • Nama lengkap?
  • Nama ibu kandung?
  • Nomor ponsel yang dapat dihubungi?
  • Apa dan di mana anda bekerja?

Dan setelah tanya jawab itu berlangsung, ia mengeluarkan beberapa berkas seperti "laporan atm tertelan" dan "formulir atm baru". Tentunya ada materai, maka dari itu ane suruh bawa uang, karena materai-nya nggak geratis.

Di sana pun teller segera memblokir kartu ATM ane yang tertelan. Setelahnya ia menjelaskan bahwa kemungkinan yang ada jika kartu ATM tertelan adalah :
  1. Mesin ATM tiba-tiba mati di tengah proses penarikan.
  2. Kartu ATM tidak segera diambil ketika proses penarikan sudah selesai.

Dan ternyata ane masuk kedalam kemungkinan kedua. Baru tau ane, kalo lama diambil bakalan ditelan. Setelah itu pun proses tanda tangan yang panjang berlangsung. Sebelum proses selesai, mbak-mbak teller sempat bilang, "jika terjadi kasus yang sama, bapak sebaiknya menelpon costemer service segera, agar kartu ATM-nya segera di blokir." Memang betul, segera memblokir kartu ATM adalah langkah paling penting dalam kasus seperti ini. Agar kartu ATM yang tertelan tidak disalah gunakan oleh pihak lain.

~ Fin~

pict form nyunyu.com

Yang bisa kita ambil dari pengalaman ane tersebut adalah, janganlah terlalu panik ataupun terlalu cuek menanggapi kasus ATM yang tertelan. Kita harus sigap dan tangkas menghadapinya. Segeralah menghubungi costemer service bank masing-masing untuk memblokir kartu ATM tersebut. Dan yang paling penting, jangan lupa segera ambil kartu ATM anda sebelum ditelan mesin ATM. :"v

Sekian, semoga bermanfaat. ^^b

{ 1 komentar... read them below or add one }

Yang nggak komen istrinya brewokan! :v

Instagram

- Copyright © 2013 Blog Zqyu White - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -