Posted by : Unknown June 12, 2017


Selamat siang pembaca, artikel kali ini berjudul "Memilih Jasa Pengiriman Barang atau Paket". Dewasa kini, kita sudah tidak asing lagi dengan jasa yang satu ini. Hampir semua dari kita pernah menggunakan jasa ini. Entah kita sebagai pengirim, mau pun penerima. Oleh karena itu, di sini saya akan berbagi pengalaman saya, mengenai Jasa Pengiriman Barang di Indonesia.


Macam Macam Jasa Pengiriman Barang

Memang banyak macam dan daftar perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang. Namun di sini saya hanya akan mengulas, dua macam saja, karena baru dua itu yang saya coba.


1. POS Indoensia

PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang memiliki tugas untuk melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah dalam bidang ekonomi dan pembangunan pada umumnya serta memberikan pelayanan jasa perposan bagi masyarakat di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia pada khususnya.

(+) Kelebihan
  • Tarif Murah
  • Jangkauan Luas

POS Indonesia memiliki tarif yang murah dibandingkan dengan Jasa pengiriman lain. Dan jangkauannya sangat luas, sampai ke pelosok-pelosok daerah.

"Saya pernah mengirimkan paket berisi buku ke Nusa Tenggara Timur menggunakan jasa POS Indonesia, dan hasilnya memuaskan." - Zqyu White

(-) Kekurangan
  • Lambat
  • Terkadang Tidak Sampai

Lambat ini maksudnya waktu pengiriman barangnya, tapi memang kita harus mengerti dan tolerir, karena memang tarif yang dikeluarkan murah meriah. Namun ada "Lambat" yang kadang membuat saya kesal. Di daerah daerah pedesaan, hanya ada beberapa kantor POS. Terkadang jasa pengiriman barang dan wesel POS, atau pun surat menyurat itu hanya memiliki satu teller. Itu yang membuat pelayanannya lambat.

Terkadang tidak sampai, ini maksudnya adalah ketika data penerima yang kita masukan kurang falid atau akurat dengan aslinya. Kurir akan kesulitan, terkadang paket tersebut akan dikembalikan ke pengirim, dan bahkan ada yang hanya di tinggalkan saja di kantor desa terdekat. 

"Kadang pencantuman nomor telepon itu tidak penting untuk POS Indonesia, saya menunggu paket, tapi tidak ada juga kabar." - Zqyu White


2. JNE


JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia. Perusahaan jasa pengiriman yang telah meraih ISO 9001 sejak tahun 2004 ini telah memiliki sekitar 835 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan kantor pusat yang bertempat di Jakarta, JNE menyediakan pelayanan di bidang kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen dalam, dari dan ke luar Indonesia.

(+) Kelebihan

  • Cepat
  • Tanggap

Cepat dan Tanggap, JNE memang memiliki pelayanan yang cepat dan tanggap dibandingkan jasa pengiriman lainya. Mulai dari pelayanan, sampai pengiriman.

"Saya pernah memesan barang di hari Rabu pagi,Bandung-Cirebon. Dan Kamis sore sudah sampai." - Zqyu White

(-) Kekurangan
  • Tarif Mahal
  • Jangkauan Tidak Luas

Tarif yang disuguhkan memang terbilang mahal dibandingkan jasa lain. Namun pelayanannya sepadan. Di sayangkan jangkauan JNE belum cukup luas, terkadang kurir harus berputar-putar untuk menemukan sang penerima.

"Teman saya yang dari NTT bilang bahwa ia sering dikirimi hadiah memalui jasa pengiriman JNE, namun jarang yang bisa sampai. Nomor telepon atau ponsel sangat diperlukan, jangan sampai tidak ditulis!" - Zqyu White 


Kesimpulan

Kesimpulan dari artkel "Memilih Jasa Pengiriman Barang atau Paket" adalah lebih cerdik lagi memilih jasa pengiriman barang yang akan anda gunakan. Dan jangan lupa mengisi data pengirim mau pun penerima yang lengkap, (kode pos dan nomor HP sangat penting).

Dan jika anda ingin mengirimkan barang ke rekan anda yang jauh, dan sulit dijangkau, saya sarankan untuk mengunakan jasa POS Indonesia. Sebaliknya, jika anda ingin mengirimkan barang ke rekan anda yang dekat namun butuh segera, JNE adalah pilihannya.

"Pelanggan yang cerdas lebih baik daripada pelayanan yang baik." - Zqyu White
Sekian, sampai jumpa di artikel selanjurnya. ^,^ / ~ ~ 

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Terimakasih sharingnya, sangat bermanfaat
    untuk pembahasan mengenai pengiriman barang, mungkin link berikut bisa menjadi tambahan referensi
    https://www.krishandsoftware.com/blog/1356/pengertian-pengiriman-barang-dan-jenisnya/

    ReplyDelete

Yang nggak komen istrinya brewokan! :v

Instagram

- Copyright © 2013 Blog Zqyu White - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -