Posted by : Unknown June 09, 2017


Di zaman yang penuh masalah seperti sekarang. Menjadi pribadi yang sabar sangat sulit. Kerap kali emosi kita tersulut atau pun menitihkan air mata. Sabar adalah penangkal sifat buruk yang paling mutakhir.
Dalam artikel ini, ane bakalan memberikan poin-poin penting "Menjadi Sabar". Sisanya kalian lah yang dapat merubah diri menjadi sabar, bukan ane. Cek it out!

1. Berpikir Positif

Berpikirlah positif, tentang diri kalian sendiri, atau pun tentang orang lain yang tengah memiliki konflik dengan kalian. Biasakan berpikir positif dalam setiap masalah. Ingat dalam benak kalian, bahwa "tiap kejadian yang kalian alami, memiliki hikmah yang baik". Jika kalian sudah bisa berpikir seperti itu, kalian sudah lebih sabar daripada kemarin.


2. Belajar Rileks, Bukan Berarti Tidak Peduli

Rileks yang dimaksud adalah kesiapan mental kalian menghadapi setiap masalah tanpa panik. Panik adalah salah satu tanda bahwa kalian tidak sabaran. Pengennya cepet aja.

Contohnya saja, ketika kalian kehilangan barang penting, apa yang lebih baik anda lakukan, antara buru-buru mencari, atau sabar mencari? Tentu jawabannya adalah sabar mencari. Rileks, dong! Barang yang kalian cari akan mudah ditemukan ketika pikiran kalian jernih. Dengan rileks, pikiran menjadi jernih.

Rilek bukan berarti tidak peduli. Jadi, jangan mentang-mentang kalian rileks, pekerjaan yang kalian lakukan malah diabaikan, bahkan ditunda-tunda. Pekerja itu tidak akan selesai. Kalian hanya melarikan diri dari deadline!
"Melarikan diri hanya menunda masalah awal, dan menambah masalah baru." - Zqyu White

 3. Istirahat yang Cukup & Hindari Kebosanan



Terkadang, kita menjadi tidak sabaran dan mudah  marah karena kelelahan. Oleh karena itu kita butuh istirahat yang cukup. Terkadang pun perut kosong membuat kita mudah marah. Bentar lagi puasa /Plak
Cobalah tidur minimal 8 jam dalam sehari, tidur lebih sore dan bangun lebih pagi, membuat pikiran kita menjadi segar. Biasakan juga setelah bangun tidur, meminum air putih minimal satu gelas. Itu juga bagian dari rileks.


Hindari juga hal-hal yang membuat kalian bosan. Terkadang kita marah hanya gara-gara bosan. Hahaha. Rasa tidak sabaran pun muncul disaat kita melakukan hal-hal yang membosankan. Seperti menunggu film yang di download. Atau pun menunggu seseorang di tengah keramaian. Hindari hal-hal itu dengan melakukan kegiatan lainya. Sambil nunggu download, mending nulis cerpen! Kirim kesini! /Plak


4. Menyendiri Sambil Menikmati Alam

Terkadang kita butuh menyendiri, menjauh dari keramaian atau tidak berinteraksi dulu dengan orang lain. Pilihan terbaik ketika menyendiri adalah menikmati alam sekitar. Ane saranin banget kalian menikmati indahnya air. Yup, air yang mengalir.

Seperti melihat foto-foto air, atau pun langsung merasakan dingin atau hangatnya air yang ada. Berenang, berendam di air hangat, dan bermain air lainya.


5. Melampiaskannya

Terkadang kita tidak bisa mengikhlaskan begitu saja amarah yang terlanjur mengalir. Kita butuh melampiaskannya kepada sesuatu. Jika melampiaskan secara fisik, kita bisa memukuli bantal atau bermain alat musik dengan tempo yang cepat. Tapi, jangan merusak apa-apa.

Jika melampiaskannya tidak secara fisik, kita bisa menulis cerpen atau karya tulis lainya. Puisi kontroversial pun bisa. Apa saja asal tidak melanggar hukum yang berlaku.


6. Berpikir Jangka Panjang

Berpikirlah jangka panjang, tidak melihat apa yang ada di hadapan kita. Tetapi lihatlah apa yang akan menanti kita. Jadi, janganlah berpikirnan pendek.

Seperti tidak membelanjakan uang anda yang menyebabkan simpanan akhir tahun anda habis. Atau pun tidak memukul seseorang yang membuat anda marah. Karena itu hanya akan membuat anda terkena pidana!

"Manfaat sabar tidaklah instan, tapi bertahap untuk masa depan." - Zqyu White

Sekian saja artikel kali ini,
Akhir kata, semoga bermanfaat ^.^

{ 1 komentar... read them below or add one }

Yang nggak komen istrinya brewokan! :v

Instagram

- Copyright © 2013 Blog Zqyu White - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -