Posted by : Unknown November 28, 2016

Maxmanroe.com


Cirebon dan Potensi Usaha


             Cirebon harus memperbanyak Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Wilayah III Cirebon, khususnya yang ada di kota Cirebon, guna meningkatkan potensi usaha masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Perguruan Tinggi sendiri menjadi daya tarik yang lebih efektif daripada objek wisata atau pun tempat bersejarah, karena dewasa ini pendidikan sangat diperhatikan dan dibutuhkan banyak orang.

           Perguruan Tinggi Negeri tentunya lebih efektif daripada Perguruan Tinggi Swasta, karena Perguruan Tinggi Negeri jangkauannya lebih besar, peminatnya tidak hanya dari Cirebon ataupun Jawa Barat, namun bisa dari luar Jawa Barat. Ini yang membuat besarnya peluang usaha dan daya tarik kota Cirebon.

           Dengan banyak berdirinya Perguruan Tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Negeri memberikan peluang usaha tersendiri bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Seperti dalam bidang jasa, transportasi adalah salah satunya. Jasa transportasi umum akan banyak diminati para mahasiswa. Bidang jasa lainya ada jasa fotocopy atau printing, akan lebih diminati terutama jika berdiri di area yang dekat dengan Perguruan Tinggi.

           Bidang kuliner, memang tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia tidak akan bisa lepas dengan kuliner. Dalam bidang kuliner ini, masyarakat dapat membangun usaha kecil seperti warung nasi atau pedagang kaki lima, hingga usaha menengah seperti rumah makan. Usaha kuliner dewasa ini memiliki banyak inovasi, seperti delevery order atau lebih dikenal dengan pesan antar yang lebih memudahkan para pelangganya. Tidak hanya itu, area Perguruan Tinggi akan lebih ramai jika semakin banyak pengusaha kuliner di sekitarnya. Pelanggannya bukan hanya mahasiswa ataupun dosen pengajar, para penduduk sekitar bahkan para pengendara yang melintas pun akan tertarik untuk singgah di area Perguruan Tinggi tersebut.

           Perguruan Tinggi yang ada di Cirebon akan menjadi menara penghubung antar kebutuhan pendidikan dengan kebutuhan lainya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa peran pemerintah kota Cirebon sangatlah penting. Agar Cirebon memiliki daya tarik, tidak kalah dari kota-kota lain yang ada di Indonesia.

           Peran pemerintah sebagai dewan yang mewujudkan dan menyempurnakan bagian-bagian yangmana masyarakat umum tidak bisa lakukan. Seperti memperbaiki tata kota dan jalanan di kota Cirebon, agar transportasi umum dapat bekerja lebih baik dan menjangkau area yang masih minim. Dengan adanya Perguruan Tinggi maka pengusaha transportasi umum memiliki banyak peluang untuk meraup keuntungan.

           Keuntungan yang muncul karena adanya Perguruan Tinggi tidak hanya dirasakan masyarakat. Tetapi juga dirasakan pemerintah kota Cirebon. Seperti banyak berdirinya usaha rumah makan ataupun usaha transportasi umum, meningkat pula pajak yang pemerintah dapatkan.

           Cirebon memang memerlukan lapangan pekerjaan guna menampung para masyarakat yang menganggur. Namun, bukan berarti pemerintah Cirebon harus menyediakan lapangan pekerjaan tersebut. Pemerintah harus lebih mengembangkan potensi usaha yang dimiliki masyarakat Cirebon. Oleh karena itu, dengan banyak berdirinya Perguruan Tinggi khususnya Perguruan Tinggi Negeri akan meningkatkan potensi usaha dan diharapkan bisa terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat Cirebon.
 Saya mengikuti lomba menulis ide ini saat baru masuk kuliah, dan sampai sekarang tidak ada kejelasan siapa pemenangnya. Kecewa gue -_-

Leave a Reply

Yang nggak komen istrinya brewokan! :v

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Instagram

- Copyright © 2013 Blog Zqyu White - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -