Posted by : Unknown
January 07, 2017
CSR bukan merk motor racing atau pun onderdilnya, tapi Corporate Social Responsibility, bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "tanggungjawab sosial perusaaan". Apa itu CSR?
ISI
I.
Pengertian CSR
Menurut Wikipedia,
“Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi
atau perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggungjawab terhadap seluruh
kepentingannya, yang diantaranya adalah; konsumen, karyawan, pemegang saham,
komunitas, dan lingkungan. Dalam segala aspek operasional perusahaan yang
mencakup ekonomi, sosial, dan lingkungan.”
Begitupula di
Indonesia, beberapa perusahaan mulai sadar dan mementingkan kepentingan sosial
daripada kepentingan ekonomi semata. Mengingat pentingnya dampak jangka panjang
lebih menguntungkan, dan meninggalkan dampak jangka pendek yang sudah dianggap
primitif. Memperhatikan Standar Operasional Prosedur kerja (SOP) dan
menyelenggarakan program sosial merupakan salah satunya.
Dapat kita simpulkan
bahwa CSR merupakan bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan
sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan memiliki tanggungjawaban
untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program sosial, yang
biasanya ditekankan adalah program ekonomi, pendidikan, dan lingkungan. Semua
itu bertujuan untuk menaikan perspektif positif atau citra baik.
II.
Fungsi CSR
Corporate Social Responsibility memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:
1.
Meperbaiki
Hubungan dengan Masyarakat
Dengan mengimplementasikan Corporate Social
Responsibility akan membantu menaikan frekuensi komunikasi positif yang berujung
citra baik dan masyarakat pun akan lebih
percaya terhadap perusahaan kita.
2.
Memperbaiki
Hubungan dengan Pemerintah
Bertanggungjawab terhadap kesejahterahan lingkungan
dan masyarakat juga merupakan tugas pemerintah, maka pemerintah umumnya akan
merasa terbantu dengan perusahaan yang menerapkan Corporate Social
Responsibility dengan baik.
3.
Meningkatkan
Semangat dan Produktifitas Karyawan
Setelah perusahaan memiliki citra yang baik di mata
pemerintah dan masyarakat sekitar, maka para karyawan akan memiliki kebanggan
tersendiri bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga para karyawan akan
termotivasi baik dalam pekerjaan, maupun program-program yang dilakukan CSR.
4.
Memudahkan
Kelancaran Bisnis
Mendapatkan citra baik di mata masyarakat dan
kepercayaan adalah tujuan utama dari Corporate Social Responsibility, yang
nanti akan memudahkan perusahaan dalam segala macam bisnis yang berjalan.
Sederhananya masyarakat akan lebih meluaskan kewenangan untuk perusahaan dalam
menjalankan bisnis, dan meminimalisir konflik.
III.
Contoh – Contoh CSR
Seperti yang sudah penulis paparkan sebelumnya, perusahaan
yang menerapkan Corporate Social Responsibility harus memiliki program-program
bertemakan sosial, agar tujuan CSR dari perusahaan tersebut dapat tercapai dan
mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.
Contoh kegiatan atau program CSR yang bisa dilakukan
perusahaan antara lain adalah:
1.
Pemberian
beasiswa bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu dan berprestasi;
2.
Penyediaan
program jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan hari tua bagi
para karyawan;
3. Penyediaan infrastuktur
bagi karyawan seperti pembangunan sarana olah raga, sarana ibadah, dan sarana
umum lainnya;
4. Memiliki Standar
Operasional Prosedur kerja yang aman bagi karyawan dan lingkungan sekitar;
5. Dan memberikan
bantuan baik langsung ataupun tidak langsung, bagi korban bencana yang terjadi
di sekitar;
III.1.
Contoh Kasus
Dikutip
dari kabar harian Fajarnews.com, Cirebon – Dalam rangka menyambut Hari Ulang
Tahun (HUT) ke 41 PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk, sekaligus memperingati
HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, Indocement melakukan berbagai
kegiatan diantaranya yaitu: memberikan rumah instan, rumah produksi pavling block,
toko, dan rumah makan, serta service smartphone; kemudian adanya tablig akbar;
halal bihalal karyawan; serta kegiatan olah raga pertandingan voli antar desa
binaan Indocement, Jumat (5/8).
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah apa yang sudah
penulis paparkan, maka dapat kita simpulkan bahwa Conporate Social
Responsibility (CSR) merupakan bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap
lingkungan sekitar. Ada pun beberapa fungsinya diantara lain adalah:
1.
meperbaiki
hubungan dengan stakeholder;
2.
meperbaiki
hubungan dengan pemerintah;
3.
meningkatkan
semangat dan produktifitas karyawan;
4.
dan memudahkan
kelancaran bisnis
Perusahaan pun
harus memiliki program-program CSR yang baik, seperti yang sudah penulis
angkat, diantaranya; beasiswa, jaminan kerja, penyediaan infrastuktur, bantuan
dana, atau pun kegiatan sosial berupa pemberdayaan dan peningkatan sarana umum
bagi masyarakat sekitar, seperti yang dilakukan PT. Indocement.
DAFTAR PUSTAKA
tes
ReplyDelete